Kamis, 19 Februari 2009

AIDA SIPEMIKAT HATI ORANG



Aida adalah seorang gadis yang remaja, ia molek dan cantik dan luar biasa kepandaiannya, orang yang melihat hanya sekilaspun akan merasa tertarik padanya, bukan saja lelaki tetapi perempuan pun sangat kagum sampai tertelan air liurnya, bahkan anak anakpun ikut memujinya. Aida sangat terkenal disetiap sudut sudut menterengnya suasana kota yang berjejer jejer toko-toko bahkan swalayan-swlayan besar maupun swalayan kecil yang disebut MC ( Mol Cilik)

Siapakah AIDA?
Mengapa sangat diminati orang dewasa maupun anak anak, laki laki ataupun permpuan?

Aida dilahirkan oleh orang ahli pemasaran yang terkenal dengan nama ayahnya MARLELE ( lele dumbo kaliiiii ). Marlele adalah orang pebisnis ulung dimana semua produk ataupun yang ia tawarkan akan selalu mendapat perhatian bagi yang melihatnya atau menjumpainya sampai terjadinya pembelian produk.

Ilmunya yang bagus dan cemerlang disusunnya dalam sebuah kitab yang baik dan mudah dimengerti oleh orang lain bahkan sebagian besar orang bisnis yang sukses telah mengikuti jejaknya serta menimba ilmunya.

Sebelum tahu dan penasaran tentang bagaimanakah AIDA itu bisa memikat setiap orang, MARLELE telah memberikan ilmunya dan menyusunnya nama dalam rangkaian huruf yang disusun menjadi kata AIDA ;

1. A = Attention –setiap orang selalu selalu memperhatikan, agar demikian maka ia harus cantik dan molek agar orang tertarik padanya, dengan adanya ketertarikan maka adanya kesan yang baik dan timbullah ingin dekat mendekat yang lebih dekat.
2. I = Interest – setelah melihat secara dekat maka setiap orang mempunyai keinginan untuk memiliki karena ketertarikannya.
3. D = Desire ( minat ) - orang orang telah tertarik tentu saja timbul minat yang kuat untuk

memlikinya dengan cara apapun bagaimanapun apalagi minat yang kuat yang disebut sebagai daya hasrat kuat. Sampai pada tawar menawar atau melamarnya untuk memiliki.
4. A = Action (tindakan selanjutnya ) – tindakan selanjutnya setelah melamar tentu saja akan

segera kejenjang akad serah terima.

Dari konsep tersebut diatas maka MARLELE sekarang mempunyai anak yang diberi nama AIDA siPemikat setiap orang.

Jadi siapakah sebenarnya AIDA itu? adalah si MARKETING yang selalu memikat siapa saja yang melihatnya sampai terjadinya transaksi akad pembelian sesuatu yang di jajakan.

Agar terjadi Attention yaitu orang memperhatikan maka penampilan barang yang dijajakan harus baik, diletakkan pada tempat yang mudah dilihat serta sering dilewati orang. Pastikan bahwa barang tersebut bukan sisa sisa pilihan orang karena tersedia dalam jumlah sedikit sehingga meragukan pembeli. Setelah orang memperhatikan maka dilanjutkan dengan Interes yaitu ketertarikan untuk mengerti akan kegunaan, kwalitas serta bagaimana cara menggunakannya dan mengatasi troubelnya. Minat seseorang tentu akan timbul setelah hal hal tersebut sehingga terjadilah deal pembelian / pembayaran sebagai Actionnya.

Kamus mandiri =
Lele = ikan air tawar yang mempunyai senjata / patil
disamping kanan dan kiri yang besar akan lebih
besar lagi namanya lele dumbo
Keting = sejenis / serumpun ikan lele yang kecil dengan
senjata/patil disamping kanan dan kiri serta dipunggung.
Marketing = orang pemasaran yang tangguh dan ulet tanpa
keluhan, dengan segala keahliannya mencermati
pasar serta pembeli.
Marlele = tentu saja kakapnya marketing sangat lebih besar lagi.

Nah bagaimana konsep AIDA bisa memikat setiap orang yang datang maka ia mempunyai resep yang sangat jitu dalam bidang marketing yaitu “SENYUM”

S = Simpati terhadap pendatang baik anak-anak maupun orang dewasa
E = Empati terhadap apa yang dibawa oleh pendatang baik ia membawa anak maupun membawa suami/istri ataupun ia membawa sesuatu barang, pujilah sewajarnya tentu akan merasa senang.
NY = Nyaman dalam berbicara, nyaman dalam suasana, tenang dan
akrab bila perlu sebutkan kenalan relasinya sipembeli bila ada
kaitannya orang yang kita kenal.
U = Ulung atau mengerti tentang barang yang dijual, baik
penggunaannya, keunggulannya maupun mengatasi troublenya.
M = Mantapkan pendatang untuk membelinya tetapi pembeli melakukan pembelian dengan merasa tidak dirayu atau dibohongi.

Demikian tips sederhana walaupun masih banyak lainnya trik trik sukses pemasaran. Selamat dan sukses menjadi Marketing yang Marketer sehingga mendapat gelar MARLELE.

Kunjungi : http://siaksoft.net/?p=501


Catatan penulis :
----humor dan wawasan bisnis

Pesan penulis :
----pelajari ilmu dan trik-trik marketing sampai se…….detail mungkin.

……….It’s a happy day…….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar