Minggu, 01 Februari 2009

CUEK BEBEK


  
Sering kita mendengar kata Cuek dalam perbincangan sehari hari dalam lingkungan keluarga, tetangga maupun lingkungan bekerja yang artinya adalah tidak peduli pada sesuatu yang terjadi disekitar kita atau kadang kadang pura pura tidak tahu. 

Orang yang tidak peduli dengan lingkungan yang ada seringkali merepotkan orang orang disekitarnya walaupun tindakannya tidak merugikan orang lain menurut pendapat dan pandangan orang yang cuek, biarlah orang orang berkata tetapi “tak uasah dihiraukan” katanya.

Yang merugikan orang lain adalah orang yang dalam tanggung jawabnya tetapi bila ada sesuatu yang timbul atau terjadi malah ia tidak segera menanggapi atau melakukan aksi sebagai tugas atas tanggung jawabnya.

Bebek adalah bangsa unggas yang tingkah lakunya tidak peduli lingkungan dimana ia berada, dari jalannya hewan ini tidak peduli sama sekali terhdap apapun, dari cara pandangnya ia selalu menghadap agak keatas dan tak mau tengak tengok, dari cara ia berteriak ia tak peduli apapun entah kawannya sedang tidur atau banyak orang lewat ia selalu berteriak keras keras, ia tak peduli siapapun yang datang baik penggembalanya maupun orang lain yang datang, tak peduli pak RT, pak lurah maupun camat, apalagi jendral sekalipun yang datang ia tak peduli dan selalu berteriak keras keras.

Cara bertelur bebek berbeda dengan unggas lainya, ia tak peduli dimanapun berada, sedang jalan atau sedang mencari makan disawah pun ia bertelur dengan bebas, situasi ramaipun ia bisa dengan enaknya bertelur, ada orang datang pun ia bertelur dengan tak ada hambatan. Berbeda dengan unggas lainnya misalkan ayam ia bertelur saat sepi dan tak ada yang mengganggu, begitu ada orang mendekat ia lari mengurungkan niatnya untuk bertelur.

Kata Cuek Bebek adalah perpaduaan yang sangat pas dalam perbincangan selama ini, sudah cuek gayanya seperti bebek. Jadi sama sekali tak peduli apapun terhadap lingkungan, maupun situasi yang terjadi terhadap dirinya.

Orang yang bergelar atau disebut Cuek Bebek adalah orang yang memiliki sifat dan sikap tersebut diatas.

Baik dan tidaknya orang yang cuek bebek tergantung dari masing masing pihak menilainya, ada orang yang diberi tanggung jawab serta kewajiban tetapi cuek bebek terhadap tugasnya, ada orang yang cuek bebek terhadap lingkungannya baik dalam keluarga maupun dimasyarakat dan lain lain. Bagi pelakunya ia merasa tak punya beban apa yang ia lakukan, sedang bagi orang disekitarnya akan merasa tidak nyaman atau perasaan lain akibat sikapnya.

Daftar masalah dibawah ini akan menjadi penilaian apakah baik tidaknya sikap cuek bebek itu.

1. Seorang anak belajar dengan tekun walaupun keadaan lingkungan semrawud berantakan,
    tetapi ia cuek bebek pada lingkungan.

2. Orang tua cuek bebek terhadap anaknya yang bertindak tidak baik dan nakal terhadap anak
    tetangga lainnya.
3. Seorang warga cuek  bebek  melihat  lingkungannya  berantakan serta ada benturan benturan
    yang terjadi didalam lingkungannya, ia tak peduli yang penting sudah bersiakap tidak
    merugikan orang lain.
4. Seorang remaja sedang memadu kasih cuek bebek meskipun orang lain walapun banyak orang
    lewat ataupun ia tak mendengarkan pembicaraan orang lain.
5. Seorang  dalam  tekanan  pihak  lain  bersikap cuek bebek  karena merasa  mampu akan dapat
    mengatasi tekanan itu baik ia sendiri yang mengatasinya ataupun memerintah orang lain
    untuk mengatasinya.
6. Seorang cuek bebek terhadap sesuatu yang menjadi tugasnya.
7. dan lain lain, dan lain lain
 
====================
Catatan penulis :
Hanya sekedar gambaran sikap

Pesan penulis :
Apakah kita ada pada sikap tersebut diatas, atau ada teman kita yang mempunyai sikap  tersebut?
 Monggoo .,… nilai sendiri…..
.........It's a happy day..............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar